Selamat datang di LAZKAM
Agenda Sekolah

Pelangi Lazuardi Kamila-GIS

Pelangi merupakan pusat layanan terapi tumbuh kembang anak. Pelangi Lazuardi Kamila memberikan layanan kepada anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang mereka hadapi untuk membantu agar anak mampu dengan optimal mengikuti pembelajaran saat disekolah selain itu juga meningkatkan kemandirian anak.

Keberadaan Pelangi ini mendukung keberhasilan dan lancarnya program sekolah inklusi yang ada di Lazuardi Kamila-GIS baik di unit TK, SD dan juga SMP.

Team Pelangi Lazuardi Kamila-GIS
  1. Sarjana Psikologi
  2. Okupasi Terapi
  3. Terapi Wicara
  4. PLB
  5. Fisioterapi
Jumlah SDM Saat Ini
  • Unit TK : 4 GPK
  • Unit SD : 15 GPK
  • Unit SMP : 4 GPK
  • Layanan Klinis : 3 Terapis

Jenis Layanan Unggulan Pelangi

Layanan pendampingan bagi anak berkebutuhan khusus dibagi menjadi dua jenis yaitu berupa layanan pendampingan full dan juga Share. Layanan pendampingan full di berikan terhadap anak berkebutuhan khusus dengan satu anak satu GPK dengan kategori anak yang belum mampu mencapai kemandirian dengan baik. Pendampingan share diberikan kepada anak dengan kondisi berkebutuhan khusus ringan yaitu dua anak akan di dampingi oleh satu orang Guru Pendamping Khusus.

Dalam layanan pendampingan ini masing-masing anak berkebuthan khusus memiliki IEP (Individual Educational Program) sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak yang telah disesuaikan dengan kurikulum yang ada saat ini.

Layanan Klinis merupakan layanan terapi individu yang diberikan kepada anak yang menggalami hambatan atau masalah dalam tumbuh kembangnya. Layanan ini dibagi m,enjadi dua yaitu layanan klinis internal (untuk murid Lazuardi Kamila) dan layanan Klinis eksternal (murid di luar Lazuardi Kamila-GIS). Layanan Klinisi Internal merupakan fasilitas layanan dari sekolah  dan tidak dikenakan biaya (jam KBM) layanan klinisi eksternal dimulai dari jam 14.00 – 16.00 WIB dan berbiaya.

Okupasi Terapi adalah satu cabang ilmu kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya stimulasi dini pada anak/klien yang memiliki gangguan fisik/mental yang bersifat sementara/menetap dengan menggunakan aktivitas teurapeutik untuk meningkatkan komponen kinerja okupasional ( senso-motorik, persepsi, kognisi, sosial, spiritual dll ) dalam area kinerja okupasional, sehingga klien mampu untuk mandiri dan meningkatkan kondisi kesehatannya serta mampu untuk berperan kembali di lingkungan masyarakat.

Terapi Wicara adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku komunikasi normal/abnormal pada klien yang dipergunakan untuk memberikan terapi pada penderita gangguan perilaku komunikasi  yaitu kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara, irama/kelancaran sehingga penderita bisa mampu berkomunikasi secara wajar.

Remedial adalah salah satu jenis layanan yang diberikan di pelangi Lazuardi Kamila-GIS terhadap anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan atau gangguan belajar. Layanan ini lebih banyak mengarah kepada remedial materi yang ada di sekolah khususnya yang terkait dengan latihan membaca, menulis dan juga review materi pelajaran dan juga pengayaan.

Fisoterapi adalah bentuk layanan kesehatan yang ditujukan kepda individu atau kelompok untuk mengembangkan , memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, mekanis, gerak dan komunikasi.

Workshop Berenang merupakan salah satu program unggulan yang ada di Pelangi Lazuardi Kamila-GIS yang diberikan kepada anak berkebutuhan Khusus. Kegaiatan ini sangat membantu dan mendukung ketrampilan anak salah satunya adalah meningkatkan koordinasi gerak dan juga gross motor skill pada anak. Layanan Workshop renang ini diadakan di Bengawan Sport Center dengan frekuensi pelaksanaan 2 minggu sekali.

Home Visit adalah salah satu agenda rutin yang dilakukan di Lazuardi Kamila-GIS terhadap anak berkebutuhan khusus yaitu satu kali dalam satu semester pihak sekolah (Guru pendamping khusus, terapis, wali kelas dan juga guru mapel). Berkunjung ke rumah siswa dengan tujuan menjalin silaturahmi, melihat kondisi lingkungan di rumah siswa, serta menyamakan persepsi tentang pendidikan yang diberikan terhadap siswa dan ending dari home visit ini adalah dalam rangka pelaksanna home program terhadap anak yang akan dijalankan bersama dengan orang tua di rumah.

Life Skill adalah salah satu program yang diberikan untuk anak berkebutuhan khusus yang bertujuan untuk memberikan ketrampilan hidup untuk berperilaku yang adaptif dan positif sehingga membuat mereka dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif. Contoh jenis aktivitas yang diberikan seperti memasak, menyetrika, mangement uang, menyajikan hidangan, dan juga perawatan diri.