Selamat datang di LAZKAM
Agenda Sekolah

VIRAL!!! Ajarkan Siswa Belajar Memasak via Daring

Ada sesuatu yang berbeda pada hari Kamis,15 Oktober 2020 kemarin. Sejak pagi kesibukan sudah tampak di bawah selasar tangga Gedung SMP Lazuardi Kamila GCS Surakarta. Jajaran meja tertata rapi dengan beberapa piring dan mangkok yang berisi sayur-sayuran segar dan beberapa macam bahan makanan.

Selain itu sudah bersiap-siap pula beberapa guru yang akan memandu kegiatan di hari itu. Ada yang sedang memasang kamera beserta tripod, menyiapkan laptop sebagai Tech Host untuk Google Meet, dan ada pula yang menyiapkan narasi untuk membawakan acara.

Pukul 08.00 WIB tepat acara dimulai, dibuka oleh Teacher Nurul dan Teacher Dita sebagai Pembawa Acara serta disiarkan langsung melalui Daring dan diikuti oleh seluruh siswa SMP Lazuardi Kamila GCS Surakarta. Acara ini diselenggarakan dalam rangka hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober. Kali ini SMP Lazuardi Kamila GCS mengangkat tajuk “A Healthy Food for A Wealthy Mood.”

Setelah dibuka, acara kemudian dipandu oleh Teacher Laras dan Teacher Wahyu. Acara diawali dengan pengenalan bahan-bahan makanan yang akan digunakan seperti daun selada, kentang, wortel, tahu, tempe dan lain-lain.

Kali ini Teacher Laras dan Teacher Wahyu mengajarkan cara membuat “Gado – gado ala Lazkam”. Ada yang istimewa saat membuat bahan utamanya, yaitu sambel kacang. Ya benar, sambel kacang kali ini resepnya sedikit berbeda dari sambel kacang kebanyakan, ada bahan rahasia yang ditambahkan tentunya akan membuat cita rasanya semakin spesial.

Setelah sambel kacang dilarutkan dengan air hangat, kemudian dimasak bersama santan kental di atas kompor. Aroma harum dan gurihnya sambel kacang kemudian semerbak mewangi di selasar Gedung SMP Lazkam. Tak lupa beberapa Teacher mengarahkan kamera untuk mengambil gambar Langkah-langkah pembuatan, sehingga siswa yang berada di rumah langsung bisa mengamati.

Pukul 08.30 WIB beberapa wartawan kemudian datang dan meminta ijin untuk meliput, suasana kemudian menjadi bertambah semarak dengan hadirnya wartawan. Beberapa wartawan tersebut nampak sibuk mengambil gambar dan ada juga yang mewawancarai teacher tentang inti kegiatan hari itu.

Tak terasa masakan sudah siap untuk dihidangkan, Teacher Laras dan Teacher Wahyu kemudian menyiapkan piring saji serta menata hidangan untuk ditampilkan. Mulai dari bermacam-macam sayuran, tahu tempe, kemudian telur rebus sebagai sumber protein, bawang goreng untuk menambah cita rasa serta tak ketinggalan kerupuk yang menjadi pelengkap Gado – gado supaya menjadi lebih mantap

Setelah diambil gambar masakan hasil akhirnya oleh Teacher Awit, acara tersebut kemudian di tutup oleh Teacher Nurul dan Teacher Dita. Lalu tak harus menunggu lama sudah ada beberapa siswa yang langsung mengirim foto dan video hasil masakannya. Wow, luar biasa. Ternyata ada beberapa siswa yang sudah berbelanja sejak pagi dan mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, sehingga saat acara sudah selesai mereka kemudian mendemonstrasikan Langkah-langkah cara memasak Gado – gado ala Lazkam.

Siswa-siswi SMP Lazkam ternyata sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran seperti ini, walaupun tidak bisa langsung bertatap muka, namun cara pembelajaran ini sudah sangat aplikatif serta mengajarkan Project Based Learning dan Problem Based Learning. Project Based Learning karena siswa ditantang untuk menyiapkan bahan-bahan masakan, proses memasak, dan hasil akhir masakannya. Dan Problem Based Learning di mana setiap siswa bisa tahu apa saja kekurangan dan hambatan yang dihadapi demi terciptanya sepiring masakan di meja. Mereka juga diminta untuk mengatasi masalah yang terjadi saat melakukan proses memasak.

Dan alhamdulillah selain foto dan video hasil masakan beberapa siswa yang mulai dikirim ke Grup WhatsApp Kelas masing-masing, kegiatan ini juga keluar dimuat di beberapa Media Lokal dan Nasional. Sungguh luar biasa pengalaman pada hari itu. Insyaallah akan menjadi sebuah pengalaman yang bermanfaat bagi seluruh siswa. Amiin.

Comments are closed.